FAQ

Dalam menu ini berisi daftar pertanyaan yang sering ditanyakan (Frequently Asked Question) disertai dengan jawabannya yang akan membantu pengunjung ketika memiliki pertanyaan yang sama dengan pengunjung lain

                                                                                                             FAQ
                                                                                            (Frequently Asked Questions)


Jam berapa layanan Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara?
Senin – Kamis  : 08.00 – 15.30
Jumat               : 08.00 – 16.00

Bagaimana sistem pelayanan Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara?
Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara menggunakan sistem pelayanan terbuka dimana pemustaka dapat langsung mencari bahan pustaka pada rak koleksi yang ada.

Layanan apa yang tersedia di Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara?

Layanan Sirkulasi (Peminjaman & Pengembalian Buku)
Layanan Sirkulasi, adalah kegiatan untuk melayani pemustaka   dalam pemesanan, peminjaman, dan pengembalian buku serta penyelesaian administrasinya. Layanan sirkulasi hanya diberikan kepada pejabat dan pegawai yang sudah terdaftar menjadi anggota Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara.  Ada 2 (dua) jenis peminjaman, yaitu peminjaman selama 2 (dua) minggu dan  selama 1 (satu) minggu untuk buku teks tertentu dan buku referens ( hanya untuk keperluan dinas)

Layanan Referensi (Penelusuran Informasi)
Layanan Referensi, adalah kegiatan layanan dalam bentuk pemberian layanan referensi cepat dan atau bimbingan pemakaian sumber referensi. Layanan ini memberikan bantuan kepada pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet  serta masyarakat lainnya yang membutuhkan informasi bidang agama, ilmu sosial, politik, ekonomi, hukum,  manajemen, bahasa termasuk  penelusuran peraturan perundang-undangan.


Layanan Digital
Layanan Digital  ini bertujuan untuk membantu pengguna perpustakaan  yang memerlukan informasi dalam bentuk koleksi digital  dalam bentuk CD. Layanan digital juga melayani akses internet, bagi pengguna perpustakaan yang memerlukannya.
Buku apa saja yang dapat dipinjam?
Seluruh buku secara umum dapat dipinjam. Buku referensi, skripsi, tesis dan disertasi hanya bisa dibaca di Ruang Baca Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara (kecuali untuk keperluan dinas).  

Bagaimana penggolongan jenis pustaka di Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara ?
Penggolongan pustaka secara garis besar di Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara berdasarkan susunan DDC

000 Karya umum (referensi kamus, ensiklopedia dll)
100 Filsafat
150 Psikologi
200 Agama
297 Agama Islam
300 Ilmu-ilmu sosial
320 Politik
330 Ekonomi
340 Hukum
350 Ilmu Pemerintahan
370 Pendidikan
500 Ilmu-ilmu murni/ eksakta
600 Teknologi
610 Kedokteran dan farmasi
650 Manajemen dan bisnis
700 Seni
800  Bahasa dan Kesusasteraan
900 Geografi, biografi dan sejarah umum


Bagaimana cara melakukan penelusuran informasi di Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara?
Koleksi pustaka Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara  dapat ditelusur secara mudah dan cepat dengan memanfaatkan komputer yang terbuka untuk penggunaan umum yang dikenal sebagai OPAC (On line Public Access).

Fasilitas apa saja yang tersedia di Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara?

  1. Ruang Baca, Ruang baca yang nyaman dapat dimanfaatkan untuk membaca dan diskusi dilengkapi dengan sofa dan meja baca serta komputer untuk OPAC dan terkoneksi internet.
  2. Ruang Pelatihan, Ruang Pelatihan digunakan untuk menyelenggarakan beragam training/kursus singkat dalam bidang perpustakaan dan informasi (librarianship) maupun bidang lain.
  3. Mushola, Bila Anda memerlukan tempat untuk melaksanakan ibadah sholat, Anda manfaatkan mushola dilengkapi toilet dan tempat wudlu.