Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Perpustakaan Unik yang Booming di Australia

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

AUSTRALIA – Mendengar kata perpustakaan, pasti yang terlintas di pikiranmu adalah sebuah bangunan yang berisi penuh dengan buku-buku. Namun, bentuk perpustakaan unik ini mungkin jauh dari apa yang kamu bayangkan sebelumnya.

Bermodal sebuah kotak kecil yang ditaruh di depan rumah, kotak kecil itu pun menjadi sebuah perpustakaan unik yang saat ini sedang booming di Australia. Di perpustakaan yang berbentuk kotak kecil tersebut, siapa pun bisa meminjam buku yang tersedia di dalamnya.

Salah satu pemiliki Street Library di Australia, Nic Lowe, mengaku jika perpustakaan tersebut diisi oleh berbagai buku. “Orang-orang bisa datang dan menukar buku yang diinginkan,” ungkapnya Video di ABC News.

Uniknya lagi, tidak ada aturan khusus bahkan persyaratan bagi siapa saja yang ingin meminjam atau mengembalikan buku-buku tersebut. Menariknya, kotak tersebut selalu terisi dengan sendirinya. Jika orang-orang memiliki kumpulan buku yang sudah dibaca, maka bisa ditaruh di perpustakaan jalan tersebut.

“Anda intinya mendaur ulang buku-buku tersebut ke tangan orang lain. Para pejalan kaki bisa melewati perpustakaan jalanan ini dan kamu juga bisa mendengar mereka jika membuka pintu perpustakaan tersebut dan menyapanya,” ungkap Lowe.

Saat ini telah ada sekira 150 perpustakaan jalanan yang tersebar di seluruh wilayah Australia. (afr)

 

Sumber : http://news.okezone.com/read/2017/02/13/65/1616878/perpustakaan-unik-yang-booming-di-australia