Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Perpustakaan berita dalam genggaman

Oleh Administrator —
Perpustakaan berita dalam genggaman
oleh : Harris Hadinata | Rabu, 16 Mei 2012 | 07:50 WIB

JAKARTA. Setiap ada peristiwa besar yang jadi pemberitaan media, Denny Kurniawan nyaris tidak pernah ketinggalan perkembangan terbaru seputar berita tersebut. Untuk mendapatkan perkembangan-perkembangan terbaru tersebut, karyawan bank pelat merah ini cukup mengandalkan ponsel pintar Android miliknya.

Bukan berarti Denny rajin bolak-balik membuka satu situs berita ke situs berita lainnya. Ia biasanya membaca berita-berita terbaru dari aplikasi Berita Terkini. Ini adalah aplikasi pembaca berita (news reader) lokal.

Dari satu lokasi tersebut, Denny bisa mendapatkan kabar-kabar terbaru dari berbagai situs berita online. "Kadang-kadang kan di situs berita yang satu kabar terbarunya belum ada, tapi di situs lain berita terbarunya sudah muncul, jadi kita enggak ketinggalan berita," tutur Denny.

Saat ini di pasaran sudah banyak aplikasi pembaca berita yang beredar. Peminatnya pun banyak. "Orang-orang butuh mendapatkan informasi terbaru secara cepat dan kalau bisa cukup dari satu lokasi yang sama, makanya aplikasi seperti ini diminati," kata Ibnu Sina Wardy, Chief Executive Officer GITS Indonesia, pengembang aplikasi asal Bandung.

GITS Indonesia pernah mengembangkan aplikasi KoranDroid, bekerja sama dengan situs berita Bataviase. Namun saat ini aplikasi ini sedang ditarik dari pasar, lantaran situs Bataviase sedang tidak beroperasi.

Membuat majalah sendiri

Tentu saja, aplikasi pembaca berita bikinan lokal hanya menyediakan berita-berita dari situs berita dalam negeri. Untuk mendapatkan berita mancanegara, Anda bisa mengunduh aplikasi pembaca berita bikinan pengembang luar negeri.

Pilihan aplikasi pembaca berita bikinan pengembang mancanegara pun sangat banyak. Salah satunya yang cukup populer adalah Pulse News. Pulse menyediakan berita dari berbagai media internasional ternama. Kategori medianya pun sangat beragam, mulai dari media umum, politik, sains hingga hiburan.

Dari aplikasi ini, Anda bisa membaca berita-berita dari Huffington Post, Time hingga Vanity Fair. Di akhir 2011 lalu, sudah lebih dari 11 juta orang di seluruh dunia memasang aplikasi ini di gadget mereka.

Aplikasi pembaca berita lain yang tengah naik daun adalah Zite. Aplikasi ini dikembangkan oleh Zite Inc, anak usaha CNN.

Zite memungkinkan Anda membuat semacam majalah versi Anda sendiri, dengan rubrik-rubrik favorit Anda. Nantinya, Zite akan otomatis menampilkan berita sesuai dengan rubrik kesukaan Anda ke gadget Anda.

Ada dua keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan membaca berita melalui aplikasi pembaca berita. Pertama, Anda bisa mendapatkan berita dari banyak sumber di satu lokasi. Jadi Anda tidak perlu bingung ingin membaca New York Times atau Time.

Kedua, biaya yang Anda keluarkan juga jadi lebih rendah ketimbang membuka situs berita terkait melalui browser di gadget Anda. Dengan membaca berita lewat aplikasi news reader, bandwidth internet yang Anda gunakan tidak sebanyak bila Anda membuka halaman situs melalui browser.

Otomatis, membaca berita melalui news reader jadi lebih hemat. "Karena apa yang ditampilkan di aplikasi tersebut sudah didesain sehingga hanya menampilkan isi yang penting, tanpa mengabaikan kualitas konten," cetus Ibnu.

Jadi, enggak bakal ketinggalan berita lagi, dong.

Sumber : http://lifestyle.kontan.co.id/news/perpustakaan-berita-dalam-genggaman