Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Menko Luhut puji Museum Diorama Purwakarta

Oleh Hotner Simanullang, SE., MM. —

Purwakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan naik kereta kencana replika di Museum Diorama Nusantara atau Bale Panyawangan Nusantara di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu.

Luhut naik kereta kencana replika, yang dilengkapi layar 3D itu menampilkan seluruh ikon Nusantara mulai dari Jakarta, Aceh, hingga Papua tersebut, usai meresmikan Museum Diorama.

Menko Kemaritiman mengaku terkesan dengan tampilan digital yang ada di museum kedua yang dibangun dengan biaya APBD Purwakarta tersebut. Sebelumnya, Pemkab Purwakarta sukses membangun museum digital Bale Panyawangan Tatar Sunda.

"Model museum seperti ini saya kira harus dikembangkan juga di daerah lain," kata dia.

Ia mengatakan keberhasilan Pemkab Purwakarta dalam menjalankan pembangunan tidak terlepas dari peran kepala daerah yang memiliki visi jauh ke depan.

Luhut juga mengaku terkesan dengan keindahan dan kerapian tata kota serta kebersihan di kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat tersebut.

"Saya dalam perjalanan ke Purwakarta, melihat tata kota yang rapi dan bersih, unik karena mengedepankan kebudayaan," katanya.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyampaikan museum baru ini harus menjadi salah satu instrumen pendidikan sejarah bagi seluruh masyarakat, terutama pelajar.

Kedepan Pemkab Purwakarta juga akan membangun diorama lain sebagai pelengkap dua diorama yang sudah ada.

"Kami ingin seluruh masyarakat senang belajar sejarah, terutama pelajar. Nanti kami lengkapi dengan Diorama Ibu, Diorama Wayang, Diorama Islam dan Diorama Keramik," kata Dedi.

 

 

Sumber:http://www.antaranews.com/berita/618251/menko-luhut-puji-museum-diorama-purwakarta