Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Sutopo Hadirkan Perpustakaan di Becaknya

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

Fokus, Yogyakarta - Prihatin dengan rendahnya minat baca masyarakat, seorang tukang becak di Yogyakarta mengubah becaknya menjadi perpustakaan keliling. Tak hanya penumpang becaknya, buku-buku itu juga bisa dinikmati masyarakat di tempatnya mangkal untuk menunggu penumpang.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Senin (17/7/2017), Sutopo, tukang becak yang biasa mangkal di kawasan Bumijo Lor, Yogyakarta, memiliki ide untuk mengubah becaknya menjadi perpustakaan keliling.

Dengan modifikasi khusus, kakek empat cucu ini pun memajang puluhan buku di becaknya. Seperti buku fiksi, motivasi, majalah, dan sejarah. Sebagian buku merupakan koleksinya sendiri. Namun, sebagian besar didapatkan dari sumbangan masyarakat.

Selain bangga karena bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan minat baca, Sutopo  juga senang dengan perpustakaan becaknya. Apalagi berkat kreasi perpustakaan becaknya ini, ia berhasil menyabet prestasi dalam lomba Desain Moda Tradisional Becak 2017 yang diselenggarakan Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Sumber : http://news.liputan6.com/read/3024911/sutopo-hadirkan-perpustakaan-di-becaknya