Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Instruksi Menteri Rini ke BUMN: Tambah Perpustakaan Digital di Perbatasan RI-Timor Leste!

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

MALUKU BARAT DAYA - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk telah memberikan bantuan berupa broadband learning center kepada SMK Perikanan dan Kelautan Ustutun, di Pulau Liran, Kecamatan Wetar Barat, Maluku Barat Daya.

Melalui bantuan ini, maka para pelajar dapat mengakses perpustakaan digital. Pulau Liran adalah daerah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Daerah ini menjadi target pembangunan lintas perusahaan BUMN yang hari ini diresmikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Hanya saja, selain mengunjungi SMK Perikanan dan Kelautan Ustutun, Rini juga mengunjungi beberapa sekolah lainnya di Pulau Liran. Salah satu sekolah yang dikunjungi oleh Rini adalah SD Negeri Uspisera.


"Kita sinergi terus bersama-sama. Kita melototin daerah perbatasan atau daerah terpencil. BUMN ini bersama-sama, saya terus menekankan bagaimana BUMN bersinergi supaya kita bisa bantu masyarakat kita. Ini kan menjadi lebih mantap untuk membantu," ujarnya.  Seperti diketahui, Rini hari ini telah meresmikan base transceiver station (BTS) Telkomsel di Desa Ustutun, Kecamatan Wetar Barat, Maluku Barat Daya. Daerah ini pun telah memiliki layanan internet 4G pada kawasan di sekitar BTS dengan tinggi 42 meter yang dianggap sebagai harga diri bangsa di daerah perbatasan. Rini memilih untuk berjalan kaki menuju sekolah ini sembari menyapa masyakarat setempat.

Menariknya, sembari bergurau Rini juga sempat menyinggung pimpinan BUMN lainnya yang berjalan sangat pelan dan tertinggal di belakang. Setibanya di SD Negeri Uspisera, Rini pun meminta kepada perusahaan BUMN untuk mengembangkan perpustakaan digital pada sekolah ini. Artinya, tugas perusahaan BUMN masih belum usai untuk mengembangkan daerah perbatasan, khususnya di Pulau Liran. "Telkom ada? Tambah pustaka digital ya di sini," ujar Rini di Pulau Liran.

Pernyataan Rini ini langsung dicatat oleh pimpinan BUMN yang hadir pada sekolah tersebut. Rini juga meresmikan pemasangan listrik pada salah satu sekolah daerah ini. Rini pun berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan prestasi bagi para pelajar. "Selamat ya, sudah dapat listrik. Nanti kalau ada komputer baca buku di perpustakaan digital," ungkapnya. Dalam kunjungan kerja tersebut Menteri BUMN juga menyerahkan sejumlah bantuan, antara lain bantuan renovasi gereja, sekolah, bantuan peralatan sekolah, mobil angkutan desa dan hasil bumi, renovasi perumahan, elektrifikasi rumah warga, sekolah dan lampu jalan, pembangunan sumur bor dan MCK, serta rehabilitasi perumahan guru. Terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 10 BUMN, yakni BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, Jasa Raharja, Kimia Farma, Pertamina, PLN, Taspen dan Telkom Indonesia. Selain itu kegiatan itu juga terlaksana berkat dukungan 3 BUMN sektor transportasi dan logistik, yakni Pos Indonesia, Pelni, dan ASDP. (dni)

Sumber : http://economy.okezone.com