Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Siswa SD Manfaatkan, Waktu Membaca Buku Di Mobil Perpustakaan

Oleh Tri Atmiati —

Kotamobagu, Bulawanews.com – Belasan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) terlihat asyik menikmati membaca buku yang difasilitasi mobil perpustakaan keliling Dinas Arsip dan Perpustakaan Kotamobagu di halaman SDN Kopandakan, Rabu (7/2/2018)

 

Mobil perpustakaan itu dalam rangka memberikan layanan perputakaan keliling kepada masyarakat umum, selain kepada siswa SD,SMP hingga SMA. Tetapi masyarakat umum juga dapat menikmati layanan mobil perpustakaan keliling tersebut.

 

Sekitar 50 siswa SD yang menikmati perpustakaan keliling itu  yang parkir tidak jauh dari lokasi peresmian kantor Desa Kopandakan.

 

Pelayanan perpustakaan keliling itu dilakukan untuk mempermudah siswa menambah wawasan pengetahuan tanpa harus ke perpustakaan.

 

Para siswa SD pun terlihat asyik dan senang memilih buku bacaan tersebut. Karena banyaknya para siswa yang memilih dan berburu buku bacaan tersebut, buku yang sebelumnya tertata rapih terlihat acak-acakan. Satu siswa SD pun ada yang melihat-lihat buku dari satu buku ke buku lainnya. Ada yang dibaca, ada juga yang hanya melihat gambarnya saja.

 

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kotamobagu Bambang Ginoga kepada Bulawanews.com, Rabu (7/2/2018) disela-sela kegiatan peresmian proyek Desa Kopandakan oleh Walikota Kotamobagu Hj Ir Tatong Bara mengatakan, para siswa SD tersebut memanfaatkan perpustakaan keliling bersamaan dengan pelayanan rutin.

 

“Kegiatan ini agenda rutin, kebetulan pada hari ini ada kunjungan Ibu Walikota dalam peresmian  oleh karena itu siswanya digiring untuk memanfaatkan layanan perpustakaan keliling sambil menunggu kedatangan Ibu Walikota,”Kata Bambang

 

Lebih lanjut,Ginoga menambahkan  di atas mobil perpustakaan keliling tersebut, disiapkan antara 800-1000 buku bacaan dari berbagai bidang keilmuan. Setiap tiga bulan sekali, buku yang ada di dalam mobil tersebut ditukar dengan buku lainnya yang ada di mobil perpustakaan lainnya. Supaya para siswa maupun masyarakat umum tak bosan membaca buku.

 

“Dengan ditukar ganti buku-buku akan menarik minat membaca bagi siswa sekolah,”Imbuhnya .

 

Karena mobil perpustakaan keliling ini disiapkan untuk masyarakat yang jauh dari lokasi wisata literasi perpustakaan daerah, tetapi bagi yang dekat mereka bisa langsung datang ke perpustakaan daerah

 

Ashori Manggo salah seorang siswa kelas V yang ditemui lokasi mengatakan dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini, menambah minat baca dirinya bersama teman-temannya

 

“Bukan Cuma buku pelajaran tetapi ada buku kebudayaan, seni,olah raga hingga pelajaran ketrampilan industri,” tutupnya . (David)

 

Sumber: http://www.bulawanews.com/2018/02/siswa-sd-manfaatkan-waktu-membaca-buku-di-mobil-perpustakaan/