Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Serunya Berburu Buku dan Bibbliobattle pada Program On Boarding Pengenalan Perpustakaan Setneg

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

“Duuh, bukunya ga ada di rak”, bisik salah satu CPNS peserta Program On Boarding  ketika mengikuti games adu kecepatan berburu buku yang menjadi salah satu kegiatan Pengenalan Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara. (7/3/18)

Kegiatan  Pengenalan Perpustakaan  merupakan salah satu rangkaian dalam Program On Boarding CPNS yaitu kegiatan pengenalan  lingkungan unit kerja yang digagas  oleh Biro SDM  bersama Pusdiklat. Rombongan CPNS diterima oleh Ieva Nathasha, Kabag Perpustakaan yang menyampaikan pemaparan  informasi seputar Perpustakaan Setneg, jenis layanan, koleksi perpustakaan dan fasilitas pendukung. Ieva menjelaskan bahwa, “CPNS telah otomatis menjadi anggota Perpustakaan oleh karenanya dapat langsung melakukan peminjaman buku dan memanfaatkan perpustakaan.” Terkait aturan tata tertib dan prosedur peminjaman, dapat dibaca melalui flyer yang sudah dibagikan,” lanjutnya.

Kegiatan berlanjut pada sesi kedua yaitu praktek penelusuran informasi pada komputer yang menampilkan website perpustakaan yang juga  berfungsi sebagai katalog online. Praktek penelusuran ini dibantu oleh para pustakawan yang telah bersiap memberikan penjelasan.

Sesi berikutnya yaitu sesi games dan quis yang dipandu oleh salah satu widyaiswara dan staf perpustakaan. Games yang pertama “berburu buku” yaitu adu kecepatan dalam mencari buku di rak. Teknisnya, CPNS diberikan 6 judul buku beserta nomor panggilnya, kemudian harus dicari dalam waktu terbatas, yang menemukan tercepat adalah pemenangnya. Games yang kedua, merupakan quis pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan pemaparan. Games yang terakhir,  bibliobattle yaitu lomba resensi buku dan memaparkan kepada audiens, yang mendapatkan voting terbanyak adalah pemenangnya. Sesi games diikuti secara antusias oleh seluruh CPNS yang terbagi dalam 3 kelompok ini. Para CPNS juga diminta untuk memberikan masukan dan saran terkait pengembangan perpustakaan di masa yang akan datang.

Selain perpustakaan, ada beberapa tempat yang dikunjungi dalam Program On Boarding CPNS, diantaranya Istana Kepresidenan Jakarta, Istana Wakil Presiden, Unit Kesehatan, Persuratan, dan Unit Keamanan Dalam. (DD)