Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Digital Library Jadi Ikon UNY Hadapi Disrupsi Digital

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

YOGYA, KRJOGJA.com - Pesatnya kemajuan teknologi yang kini menyajikan disrupsi digital, diungkapkan oleh Direktur Jenderal Belmawa Kemenristekdikti, Prof. Intan Ahmad, tak boleh menjadi hal yang ditakuti insan akademika negeri ini. Fasilitas perpustakaan berbasis daring layaknya Digital Library UNY, kemudian menjadi penting agar Indonesia bisa kompetitif.

"Dengan digital library dan kemampuan e-learning, serta e-book yang dimilikinya, ini bisa jadi ikon UNY hadapi disrupsi digital. Bisa berkontribusi untuk Indonesia (yang) lebih baik," ujar Intan dalam Press Conference Soft Launching Digital Library UNY, Kamis (08/03/2017).

Perpustakaan digital UNY yang mulai dibangun pada Juni 2017 tersebut, terdiri dari empat lantai dan satu basement. Di Basement, tersedia 120 unit komputer iMac, disertai dengan satu untuk lobi dan kafe yang tersedia untuk umum.

Lantai dua dan tiga untuk ruang kelas pribadi dan ruang kolaboratif, disertai dengan beberapa komputer iMac lainnya di sudut-sudut Digital Library yang bisa digunakan khusus oleh civitas UNY.

"Total 500 iMac kita hadirkan. 350 iMac di gedung ini, dan 150 iMac di gedung perpustakaan lama," ungkap Prof. Sutrisna Wibawa, Rektor UNY.

Yang menjadi unik dari Digital Library UNY ini, ungkap Intan, adalah perpustakaan yang pertama kalinya di Indonesia berkonsep full digital dan tanpa memiliki koleksi buku sama sekali. Biasanya, keberadaan digitalisasi perpustakaan hanyalah menjadi pelengkap atau sampingan atas perpustakaan yang sudah ada.

"Kami mengapresiasi. Ini satu langkah maju karena di fasilitasi betul (pengembangan digital library)," pungkas Intan. (Mg-21)

 

Sumber : http://www.krjogja.com/web/news/read/59970/Digital_Library_Jadi_Ikon_UNY_Hadapi_Disrupsi_Digital