Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Lewat Program Sejuta Buku, Pemkab Gresik Targetkan Satu Desa Satu Perpustakaan, ini Tujuannya

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

SURYA.co.id | GRESIK - Pemerintah Kabupaten Gresik mengajak masyarakat Gresik untuk gemar membaca. Hal ini dilakukan dengan menggelar pameran 'Sejuta Buku' di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro, Jl Jaksa Agung Suprapto.

Pameran ‘Sejuta Buku’ dalam rangkaian HUT Ke 44 Pemkab Gresik dan hari jadi ke 531 Kota Gresik ini diikuti ratusan orang penerbit se Indonesia. Pameran yang berlangsung mulai Senin 12 – 20 Maret 2018. Ada jutaan buku yang dipamerkan di area tersebut.

Wakil Bupati Gresik Mohamad Qosim berharap pameran ini dapat menumbuhkan daya minat baca dari masyarakat Gresik terutama pelajar Gresik. “Harapan kami agar kehadiran ratusan buku ini bisa menumbuhkan minat baca pada keluarga," kata Qosim, Senin (12/3/2018).

Qosim juga menyarankan agar masyarakat Gresik membaca dalam satu bulan satu buku. "Mulailah untuk gemar membaca minimal seminggu seperempat halaman dan sebulan satu buku. Niscaya membaca buku akan bermanfaat untuk anda dan keluarga anda. Membaca buku sama dengan jendela dunia," imbuhnya

Saat berkeliling meninjau stand buku, Wakil Bupati Gresik tampak tertarik pada beberapa buku. Dia membuka-buka buku agama yang berjudul ‘Menjadi Kekasih Rasulullah’. Beberapa saat kemudian Qosim juga membuka buku dengan cover bergambar Presiden Jokowi berwarna merah. Buku karya Ibnu Subiyanto yang berjudul ‘Pemimpin berkaki Rakyat’ dengan sub judul Membangun Parpol Berbasis Kader.

Tampaknya Wabup yang juga mantan pendidik itu sangat menikmati melihat pameran buku tersebut. Semua stand pameran dikunjungi oleh Qosim yang saat itu didampingi Ketua DPRD Abdul Hamid, Sekda Gresik Djoko Sulistiyo Hadi, Ketua GOW Zumrotus Sholihah serta beberapa Kepala OPD dan ratusan pelajar SMP dan SMA.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Siti Jaiyaroh mengatakan, pameran 'sejuta buku' ini sebagai rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun untuk mendukung budaya gemar membaca masyarakat Gresik. Sehingga akan terwujud satu desa satu perpustakaan.

“Kita akan berupaya untuk membangun perpustakaan pada setiap desa. Targetnya satu desa satu perpustakaan,” kata Siti.

Siti Jaiyaroh juga menyatakan bahwa Perpustakaan Daerah Kabupaten Gresik baru-baru ini telah dinobatkan sebagai Perbusda terbaik di Indonesia. Sehingga bisa menjadi referensi pengetahuan bagi generasi muda Gresik. "Semoga perpustakaan kita menjadi inspirasi dalam perkembangan jaman," katanya.



Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Lewat Program Sejuta Buku, Pemkab Gresik Targetkan Satu Desa Satu Perpustakaan, ini Tujuannya, http://surabaya.tribunnews.com/2018/03/12/lewat-program-sejuta-buku-pemkab-gresik-targetkan-satu-desa-satu-perpustakaan-ini-tujuannya.
Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin