Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Era Digital Jaman Now, Pangsa Pasar Buku Bekas Masih Menjanjikan

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Di era digital zaman now, ternyata masih banyak yang mencari buku-buku bekas yang sudah mulai jarang ada di pasaran.

Meski sudah mulai banyak buku-buku digital, tapi buku fisik masih dicari dan diminati para pecinta dan pembaca buku yang ada di Banjarmasin. Hal ini dikatakan Mahasiswi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Risna Ningsih sejak tiga bulan yang lewat ia menjual buku-buku bekas yang sudah jarang dijual di pasaran. Dijelaskan Risna, penjualan buku bekas di Kota Banjarmasin cukup ramai, karena di Banjarmasin masih minim penjual buku bekas.

"Alhamdulillah peluang bisnis jual beli buku bekas begitu besar, era digital sekarang justru sangat membantu saya dalam hal promosi," ujar Risna. Ia melanjutkan meski tidak bisa dipungkiri bahwa di era digital sekarang ini juga sudah banyak buku-buku elektronik (e-book) akan tetapi peminat buku cetak masih tetaplah banyak.Risna mengaku untuk meningkatkan penjualannya, ia menerapkan strategi pelayanan yang kreatif dan penyediaan buku-buku bekas seefisien mungkin.

"Saya harus fast respon dan ramah terhadap calon pembeli, strategi lainnya adalah menjual buku yang memang jarang ada dijual di Banjarmasin," terangnya.Ia menuturkan minat pembeli buku bekas di Banjarmasin sangat antusias, mahasiswa menjadi segmen yang paling mendominasi. Lebih lanjut ia menerangkan, mahasiswa biasanya banyak mencari buku untuk menunjang dan membantu dalam hal referensi buku bacaan.

"Paling banyak pembeli biasanya berasal dari mahasiswa karena buku-buku yang dicarinya memang jarang ada dan kebetulan saya menjualnya," ucapnya. Dalam sebulan terakhir, Risna mampu menjual buku bekas kepada lebih dari 10 konsumen."Untuk penjualan masih belum tentu karena saya sendiri baru aktif berjualan buku, tapi dalam satu bulan terakhir ini sudah lebih dari sepuluh pembeli," ujarnya.

Jenis buku yang dijual Risna cukup beragam, mulai dari novel, buku pendidikan, buku biografi, dan banyak buku referensi lainnya. "Saya paling banyak menjual buku yang memang sudah langka di pasaran alias buku terbitan lama," ungkapnya. Untuk harga yang ditawarkan Risna juga beragam, jika dibandingkan dengan harga buku baru tentu saja lebih murah.

"Biasanya saya jual setengah harga dari harga buku baru, bahkan ada yang saya jual dengan harga lebih murah lagi. Dengan harga kisaran mulai dari Rp 30 ribu sudah bisa dapat buku yang kualitas kontennya bagus dan bukunya tebal," katanya.


Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Era Digital Jaman Now, Pangsa Pasar Buku Bekas Masih Menjanjikan, http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/08/08/era-digital-jaman-now-pangsa-pasar-buku-bekas-masih-menjanjikan.
Penulis: M Maulana
Editor: Didik Trio