Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Ini 10 buku yang masuk dalam daftar terpopuler di seluruh dunia

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

Membaca buku adalah hal yang sudah pasti sangat bermanfaat di dalam kehidupan kita sehari hari. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa buku yang sangat populer di dunia dan menorehkan rekor penjualan yang sangat banyak, dan tentunya langsung membuat popularitas dan kekayaan pengarangnya melejit.

Dilansir dari factretriever.com (07/08), inilah 10 daftar buku paling laris di dunia. Dimulai dari yang terbawah ya.

10. The Da Vinci Code oleh Dan Brown.

Buku ini terjual lebih dari 80 juta eksemplar. Selain itu, kesuksesan The Da Vinci Code juga diangkat menjadi film layar lebar.

9. The Lion, the Witch and the Wardrobe oleh CS Lewis.

Buku yang terjual lebih 85 juta eksemplar ini juga dijadikan film layar lebar, yaitu seri Chronicles of Narnia.

8. The Hobbit oleh JRR Tolkien.

Buku ini menorehkan angka penjualan di 100 juta eksemplar, serta memiliki versi film layar lebar.

7. The Dream of The Red Chamber oleh Cao Xueqin.

The Dream of the Red Chamber ditulis oleh Cao Xueqin pada tahun 1754 saat zaman Dinasti Qing sedang berkuasa. Karena kepopulerannya, buku ini berhasil terjual kurang lebih 100 juta eksemplar di seluruh dunia.

6. And Then There Were None oleh Agatha Christie.

Judul asli And Then There Were None sendiri adalah Ten Little Niggers yang lumayan rasis. Sajak Sepuluh Anak Negro sendiri sepertinya merupakan versi lain dari Ten Little Injuns. Buku ini terjual lebih dari 100 juta eksemplar.

5. Harry Potter and the Sorcerer's Stone oleh J.K. Rowling.

Harry Potter dan Batu Bertuah adalah novel pertama dalam seri Harry Potter karangan J.K. Rowling yang akan terdiri dari tujuh buku dan menampilkan Harry Potter, seorang penyihir muda. Buku ini pertama kali diterbitkan pada 26 Juni 1997 di London oleh Bloomsbury. Terjual lebih dari 107 juta eksemplar, buku ini juga sudah dibuat dalam versi film dan game.

4. The Little Prince oleh Antoine de Saint-Exupery.

Le Petit Prince (Pangeran Kecil) adalah novel karya Antoine de Saint-Exupéry yang diterbitkan pada tahun 1943. Novel berbahasa Prancis ini telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 200 bahasa dan terjual lebih dari 142 juta eksemplar. Edisi Bahasa Indonesia diterbitkan pertama kali oleh Pustaka Jaya (1979), dan kemudian diterbitkan dalam dua versi berbeda oleh Gramedia (2003 dan 2010).

3. The Lord of the Rings oleh J.R.R. Tolkien.

The Lord of the Rings adalah novel kisah fantasi epik karangan J. R. R. Tolkien. Diterbitkan dalam tiga jilid pada tahun 1954 dan 1955, masing-masing jilid terdiri dari dua buku. Jilid pertama diberi judul The Fellowship of the Ring, jilid kedua berjudul The Two Towers dan jilid ketiga berjudul The Return of the King. Kisah ini ditulis dari tahun 1937 sampai 1949 dan menjadi salah satu karya sastra abad ke-20 yang paling populer dan diterjemahkan ke dalam 38 bahasa. Buku ini terjual lebih dari 150 juta eksemplar.

2. A Tale of Two Cities oleh Charles Dickens.

A Tale of Two Cities (1859) adalah novel karya Charles Dickens yang bersetting di London dan Paris sebelum dan selama Revolusi Prancis. Karya ini terjual sebanyak 200 juta eksemplar di seluruh dunia. Novel ini menggambarkan keadaan buruk petani Prancis dalam tahun-tahun sebelum revolusi, kebrutalan yang ditunjukkan kaum revolusi terhadap aristokrat pada awal revolusi, dan paralel dengan kehidupan sosial di London pada periode yang sama. Novel ini berkisar pada kehidupan tokoh-tokoh prontagonis, yaitu Charles Darnay dan Sydney Carton.

1. Don Quixote oleh Miguel de Cervantes.

Don Quixote adalah salah satu novel karya Miguel de Cervantes. Novel ini diterbitkan dalam 2 volume, pada 1605 dan 1615 serta terjual sebanyak lebih dari 500 juta eksemplar. Karenanya novel ini pun dianggap sebagai salah satu karya literatur dari kesusastraan Spanyol yang paling berpengaruh sepanjang masa. Novel ini sering muncul dalam daftar karya fiksi terbaik sepanjang masa, seperti Bokklubben World Library yang mengutip Don Quixote sebagai pilihan penulis.

Nah, itulah daftar buku terpopuler di dunia, rekomendasi banget buat kamu yang hobi membaca dan kebetulan belum pernah membacanya.

 

Sumber : https://www.brilio.net/