Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Belajar Meracik Secangkir Kopi

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

Keseruan dan kehebohan terjadi di Ruang Perpustakaan Setneg kemarin pagi hingga jelang sore (17/9). Workshop Basic Barista dan Pengetahuan tentang Kopi pada hari keempat Pekan Kunjung Perpustakaan, menyedot perhatian pegawai di lingkungan Lembaga Kepresidenan. 

Kegiatan yang dihadiri oleh 50 peserta ini, bekerja sama dengan tim Ottencoffee, sebuah toko kopi yang menyediakan peralatan  barista beserta pernak perniknya.

Workshop ini diawali dengan pemaparan pengetahuan dan sejarah kopi, kemudian tim Ottencoffe mendemokan teknik-teknik dasar barista yaitu chemex, v60, vietnam drip dan aeropress. Setelah ishoma, peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan diberi kesempatan untuk mempraktekkan sendiri cara-cara meracik kopi seperti yang sudah didemonstrasikan. Tentu saja sekaligus mencicipi kopi hasil praktek tadi. 

Basic Barista ini menjadi penutup rangkaian workshop entrepreneur di Perpustakaan Setneg, setelah workshop decoupage, crochet dan sewing diselenggarakan pekan lalu. (DD)