Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Minat Baca Masyarakat Rendah, Najwa Shihab Berharap Literasi Digital Meningkat

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

TABLOIDBINTANG.COM - Masyarakat dunia terutama Indonesia kini lebih senang menggunakan berbagai platform digital untuk mendapatkan berbagai kebutuhan serta informasi. Hal ini seiring dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia sebesar 26 persen dalam waktu lima tahun terakhir menurut riset dari Nielson Company di tahun 2017.

Alhasil, wartawan senior sekaligus Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab mengatakan bahwa rendahnya minat baca masyarakat bisa disiasati. Melihat pesatnya pertumbuhan teknologi digital, Najwa Shihab melihat bahwa minat membaca masyarakat bisa ditingkatkan dengan literasi digital atau kemampuan individu untuk menggunakan teknologi digital demi mengakses informasi.

"Penting untuk mencari cara baru, pendekatan alternatif agar minat masyarakat semakin tinggi terhadap membaca. Literasi digital adalah salah satu caranya. Sekarang, orang lebih memilih membaca lewat Line Today dari pada koran atau melihat audio visual di internet daripada konten non digital misalnya. Makanya ini adalah saatnya kita beralih ke teknologi digital, literasi digital," terang Najwa Shihab saat dalam sebuah sesi talkshow di puncak acara Paragon Innovation Summit 2018 'Innovation for the Nation' yang dihelat Jumat (12/10), di Bandung.

Najwa Shihab mencontohkan bahwa bisa membuat sebuah tayangan audio visual yang membahas seputar sebuah buku. "Kami punya sebuah program tayangan di Narasi TV di mana akan membedah sebuah buku dalam medium audio visual. Ini adalah salah satu contoh dimana kita bisa membangkitkan keinginan orang untuk membaca buku melalui sebuah program tayangan audio visual. Harapannya itu bisa membuat orang mulai tertarik membeli dan membaca buku," tutupnya.

(ges/ray)

Sumber : https://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/read/113956/minat-baca-masyarakat-rendah-najwa-shihab-berharap-literasi-digital-meningkat