Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Mengintip Perpustakaan Ajip Rosidi di Bandung yang Miliki Koleksi 40 Ribu Judul Buku

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Suasana Perpustakaan Ajip Rosidi yang berlokasi di Jalan Garut Nomor 2, Kota Bandung menjelang siang, Kamis (22/11/2018) tergolong sepi.

Saat Tribun Jabar memasuki lantai tiga gedung perpustakaan yang berbentuk heksagon atau segi enam itu, hanya seorang pengunjung yang tampak serius berada di meja baca sembari memegang buku.

Di ruangan dengan lebar lebih dari 12 meter serta bercat warna putih itu, ada sejumlah rak-rak dengan koleksi buku.

Sebagian kecil buku-buku dalam kardus-kardus diletakkan di lantai dekat meja pengelola perpustakaan.

Deretan buku berbagai jenis disusun rapi sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Seorang pegawai gedung Perpustakaan Ajip Rosidi sekaligus merangkap fungsi pustakawan, Hakim Alghifari (22) mengatakan, sejak peresmian perpustakaan pada 15 Agustus 2015 lalu pengunjung yang datang masih terbatas dari beberapa kalangan seperti pelajar, mahasiswa, peneliti, dan komunitas baca.

Menurutnya, ramainya perpustakaan itu hanya pada waktu tertentu.

"Untuk hari ini yang datang delapan orang ke sini. Rata-rata pengunjung datang dalam satu minggu sekali sekitar 70 orang. Tapi terkadang juga pernah dua hari sepi," ujarnya.

Hakim menuturkan, jumlah koleksi buku-buku yang berada di perpustakaan itu ada 40 ribu judul buku dengan 15 kategori.

Kategori itu di antaranya adalah filsafat, psikologi, agama, filologi, karya umum, bahasa, ilmu sosial, kesenian dan hiburan, kesusasteraan, sejarah, geografi, biografi, mangle, dan lainnya.

"Tak hanya untuk membaca, di sini juga pernah dijadikan tempat diskusi dan menonton film," ujar Hakim.

Seorang pengunjung, Zaenal Abidin (24) menuturkan, mendatangi Perpustakaan Ajip Rosidi lantaran tengah mencari referensi untuk bahan-bahan penulisan tesis pascasarjananya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).



Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Mengintip Perpustakaan Ajip Rosidi di Bandung yang Miliki Koleksi 40 Ribu Judul Buku, http://jabar.tribunnews.com/2018/11/22/mengintip-perpustakaan-ajip-rosidi-di-bandung-yang-miliki-koleksi-40-ribu-judul-buku?page=2.
Penulis: Ery Chandra
Editor: Yongky Yulius