Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Dosen Ini Jadi Peminjam Paling Banyak Buku di Perpustakaan

Oleh Dhian Deliani, S.Sos. —

TEMPO.COJakarta - Chongqing Library, sebuah perpustakaan di Kota Chongqing, Cina, mempublikasi daftar peminjam buku yang paling sering meminjam buku ke perpustakaan itu pada tahun lalu. Nama paling atas yang muncul adalah Zeng Gang, yang meminjam 645 judul buku sepanjang 2020.

Zeng adalah seorang dosen di fakultas ekonomi. Pengumuman yang dibuat oleh Chongqing Library langsung membuat sosok Zeng menjadi perhatian.

Pada 2020 saat dunia diselimuti wabah Covid-19, Zeng mengisinya dengan membaca buku dari berbagai subjek. Dia mengatakan pandemi Covid-19 telah memberinya banyak waktu luang untuk membaca buku dari biasanya.Walhasil, dia menjadi sering ke Chongqing Library, yang kebetulan lokasinya dekat dengan rumahnya.

Zeng memang suka membaca sejak kecil dan kebiasaan itu masih diminatinya meski dia sudah bergelar Ph.D. Dia mengaku senang memperluas wawasannya.    

“Kadang-kadang saya mampir ke perpustakaan untuk mengembalikan buku dan meminjam lagi beberapa buku. Namun layanan pengiriman cepat (pesan-antar), yang baru diperkenalkan, memungkinkan para pembaca meminjam dan mengembalikan buku menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dari rumah. Layanan ini bisa diakses pula dari WeChat dan Alipay, yang membuatnya semakin mudah,” kata Zeng.      

Chongqing Library menjelaskan pandemic Covid-19 telah membawa dampak pada minat baca. Pada 2020 lalu, total ada 876.245 buku dan periodikal yang dipinjam. Angka itu turun dibanding 2019, di mana ada 1,27 juta buku yang dipinjam. Namun kunjungan orang ke perpustakaan pada 2020 naik 243 persen dibanding tahun lalu.     Sumber Asli: https://www.asiaone.com/china/china-teacher-sets-book-borrowing-record-during-covid-19-pandemic

 

Sumber :https://dunia.tempo.co/read/1430658/dosen-ini-jadi-peminjam-paling-banyak-buku-di-perpustakaan/full&view=ok