Detail Pencarian

Rincian Informasi Detail Hasil Pencarian


Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted / Julia Maria Van Tiel

Anak gifted adalah kelompok anak beresiko, karena ia memiliki pola perkembangan yang asinkroni dan mempunyai karkater khusus perfeksionosme yang dapat membawa masalah, serta kepribadian yang sangat khusus. Dengan begitu, ia juga mengalami pola perkembangan sosial emosional dan perilaku.
Dalam buku ini, selain disajikan tentang bagaimana perkembangan sosial emosional anak-anak gifted. Kemudian dilanjut dengan masalah apa saja yang kemungkinan dapat muncul sebagai manifestasi dari gangguan atau tak terdukungnya perkembangan sosial emosional anak. Untuk itu langkah apa saja yang dapat kita lakukan dalam mencegah dan mengatasinya. Namun yang sangat perlu kita pahami bahwa ledakan marah dari seorang anak adalah caranya mengomunikasikan dirinya bahwa ada sesuatu yang dirasanya tidak nyaman. Artinya ia tengah meminta bantuan kita, orang tuanya. Kewajiban orangtua adalah mencari tahu sebab-sebab munculnya kemarahan itu, dan membantunya untuk memcahkan masalah yang tengah ia hadapi. Oleh sebab itu, dalam pengasuhan dan intervensi anak gifted, jangan gunakan pendekatan reward and punishment (imbalan/hadiah dan hukuman). Pendekatan tersebut merupakan pendekatan kontraproduktif bagi anak-anak gifted. Orangtua dan guru perlu memahami bagaimana karakteristik dan kepribadian anak gifted. Orangtua dan guru perlu memahami bagaimana karakteristik dan kepribadian anak gifted sebagai dasar pendekatan pengasuhan dan intervensi.
Inti dari semua pembahasan dalam buku ini adalah, bahwa anak-anak gifted adalah anak beresiko yang dapat mengalami masalah kesehatan mental. Oleh karena itu, agar mereka bisa menjadi orang dewasa yang sehat dalam aspek biopsikososial, yang sangat penting artinya bagi masa depan anak-anak gifted ini, maka mereka sangat perlu diidentifikasi sejak dini, agar mereka dapat menerima pendidikan yang tepat, dukungan, dan konseling bagi kebutuhan emosionalnya. Orangtua dan guru pun perlu mendapatkan informasi sepenuhnya. (WH)

 

Pengarang

Julia Maria Van Tiel - Personal Name

No. Panggil 155.4 JUL p
Penerbit Prenada Media : Jakarta., 2019
Deskripsi Fisik xii, 184 hlm; 21 cm
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 978-602-383-055-8
Kata Kunci NONE
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi cet. 1
Subyek PSIKOLOGI ANAK
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab -

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain